Senin, 19 Maret 2012

KERAJINAN MUTIARA DILOMBOK SEKARBELA

SEKARBELA LOMBOK , SENTRA KERAJINAN MUTIARA , GROSIR MUTIARA
Sekarbela , Mataram Lombok NTB Nusa Tenggara Barat, sebagai sentra kerajinan mutiara lombok, Sejak lama daerah ini menjadi pusat perdagangan perhiasan , emas perak dll, dan setelah komoditi budidaya mutiara di lombok semakin maju maka daerah ini tidak hanya menjadi sentra kerajianan emas dan perak saja tetapi telah menjadi sentra kerajinan perhiasan mutiara.
Kegiatan berwisata tak pernah bisa lepas dari aktifitas berbelanja. Tak lengkap rasanya berlibur tanpa melihat dan membeli buah tangan khas daerah setempat. Lombok adalah salah satu tempat tujuan wisata di Indonesia. Selain pesona keindahan alam dan pantai, potensi sumber daya alam laut pun juga membawa berkah bagi penduduk sekitar. Salah satu potensi sumber daya alam unggulan di Lombok adalah mutiara. Lombok diberkahi oleh limpahan mutiara air tawar dan mutiara air laut. Keterampilan tangan penduduk Lombok dalam mengolah mutiara, membuat perhiasan mutiara laut dan tawar dari lombok diminati di IndonesiaLombok dan emas, desa Sekarbela merupakan pilihan yang paling tepat. Desa tersebut merupakan pusat kerajinan mutiara dan emas dengan harga yang sangat bersaing. maupun mancanegara. Jika anda mau berbelanja mutiara.

Desa Sekarbela di Kelurahan Karang Pule, Mataram, Nusa Tenggara Barat, terkenal sebagai sentra produk perhiasan emas dan mutiara. Desa Sekarbela, yang dulunya merupakan kampung persawahan, kini telah berubah menjadi sebuah tempat yang ramai dikunjungi oleh orang-orang dari berbagai daerah dan negara. Terciptanya sentra mutiara dan emas di desa Sekarbela ini tak lepas dari latar belakang sejarah dan lokasi desa. Dulunya Sekarbela merupakan pusat penyebaran agama Islam. Ajaran tersebut disebarkan oleh seorang ulama dari Pulau Jawa. Ajaran agama Islam di desa Sekarbela mengalami perkembangan yang sangat pesat. Letak kampung Sekarbela yang strategis yaitu berdekatan dengan pelabuhan Ampenan menjadikan desa Sekarbela menjadi pusat pengembangan ajaran agama islam.

Pedagang-pedagang yang berasal dari arab berdatangan untuk menjual berbagai jenis kerajianan, terutama perhiasan- perhiasan seperti kalung, cincin, dan gelang yang terbuat dari emas dan mutiara. Banyak orang arab yang awalnya datang untuk berdagang memilih untuk menetap di sana dan menikah dengan penduduk asli Sekarbela, sehingga sampai sekarang para pengusaha kerajinan emas itu kebanyakan dari keturunan Arab.

Melangkahkan kaki mulai dari jalan masuk desa, terlihat toko-toko kerajinan emas dan mutiara. Toko-toko emas dan mutiara itu bervariasi, mulai dari toko tradisional yang sederhana hingga yang modern dan megah. Produk yang paling digemari adalah perhiasan dengan modifikasi seni ukir emas dan kilauan mutiara. Kualitas dari produk-produk itupun bervariasi.

Biasanya pembeli asing menyukai mutiara kelas satu, sedangkan pembeli lokal memilih kelas dibawahnya. Mutiara-mutiara yang dijual di desa Sekarbela adalah mutiara asli hasil budi daya air laut dan air tawar. Mutiara asal hasil budi daya laut Indonesia terdiri atas tiga warna, yaitu putih, gold dan silver. Mutiara -mutiara dari Lombok tak kalah kualitasnya dengan mutiara dari negara lain seperti Australia, Tahiti, Myanmar, dan Filipina.


Walaupun tempat ini berada di desa atau perkampungan, namun tak perlu khawatir karena anda dapat menggunakan dollar, kartu kredit, kartu debet, atau travel cheque. Jika ingin berbelanja di desa Sekarbela, dari kota Mataram anda bisa menggunakan mobil sewaan atau taksi. Jarak dari kota mataram menuju desa Sekarbela kurang lebih 2 kilometer. Skr-Ike(8/8)pi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar