Senin, 19 Maret 2012

MENGANALISIS TENTANG "AKPAR MATARAM" MENGGUNAKAN SISTEM "SWOT"

MENGANALISIS  RESTAURANT AKPAR MATARAM
DENGAN SISTEM
S.W.O.T
1.  STRENGTH  ( KEKUATAN )
*         Lokasi Restaurant.
*         Fasilitas Restaurant seperti, Bar dan Restaurant digabungkan menjadi satu.
*         Saluran air yang sangat bagus sehingga pada saat mengepel lantainya tidak terlalu becek karena siraman air tersebut langsung mengalir keluar area restaurant.
*         Area Restaurant, dekat dengan ruangan kelas dan ruang dosen.
*       Tempat parkir yang sangt luas sehingga mahasiswa AKPAR MATARAM tidak merasa kesulitan untuk memarkir motornya.

2. WEAKNESS ( KELEMAHAN )

*      Ruangan dapurnya tidak terkontrol dengan baik, sehingga dapur tersebut mengalami bau-bau yang tidak sedap ( Apek/Pengap ).Karena dapur tersebut juga jarang terpakai sehingga kurangnya uapan angin dari luar, kecuali hanya digunakan pada saat praktek saja dpat terkena uapan anginnya.
*      Alat-alat pembersihnya masih banyak yang kurang untuk mengoperasional keadaan restaurant tersebut untuk menjadi lebih terjaga dan terpelihara.
*      Dari segala macam table-table yang ada direstaurant tersebut, ternyata masih ada satu table yang perlu diganti yaitu SQUARE TABLE_nya.Sebab square table tersebut sudah tidak layak dipakai lagi dengan keadaan kayunya yang sudah tua.
*      Tidak perlu menggunakan kipas angin,tetapi Ruangan yang semacam Restaurant ini seharusnya menggunakan AC agar ruangan tersebut tetap sejuk dan nyaman untuk ditempati pada saat digunakan prakteq.
*      Restaurant ini tidak menjalin suatu kerja sama dengan pasar.

3. OPORTUNITY ( PELUANG )
*      Dari kekuatan dan kelemahan diatas, Pihak managemant dapat melakukan rapat pengawasan dengan pihak tertinggi restaurant agar mendapatkan suatu peluang mengajukan dana untuk memprbaiki keadaan restaurant yang masih belum terpenuhi untuk terjaminnya memelihara keadaan restaurant tersebut.Dengan restaurant ini yang tergabung dengan BAR adalah merupakan suatu peluang yang sangat besar untuk mendapatkan keuntungan yang maksimal,,serta bila saja restaurant ini dikelola secara terus-menerus dan selalu terjaga dengan baik,maka restaurant ini tidak akan rugi dikelola,karena juga minat pembelinya tidak dari luar kampus tetapi dari MAHASISWA AKPAR MATARAM.

4.   TREATMENT ( ANCAMAN )
Adapun, Ancaman-ancaman menurut analisis saya diatas dengan terganggunya operasional restaurant KAMPUS AKPAR MATARAM ini adalah :
*      Kurangnya keamanan dan kebersihan restaurant,karena masih banyak yang kurang memperhatikannya.
*      Keterbatasan dana yang diberikan oleh pihak kampus masih kurang untuk memadai keadaan restaurant tersebut.
Jadi,,kesimpulannya dengan kurangnya keamanan dan keterbatasan dana ini,maka akan terjadi suatu ancaman bagi berdirinya restaurant ini dan juga akan mengalami kerugian bagi pihak kampus karena dengan cara percuma mendirikan gedung yang disiapkan untuk mahasiswa yang akan digunakan untuk praktek, tapi gedungnya tidak terpelihara dengan baik dan kurang terkontrolnya, baik dari pihak managemant kampus atau dari mahasiswa itu sendiri.

Untuk itu,,,,marii kita lestarikan RESTAURANT kampus kita dengan tetap memperhatikannya dan menjaganya agar suasana RESTAURANT kampus kita tetap sejuk dan nyaman pada saat ditempati.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar